MUDAH MEMASAK BERSAMA YUMMY APP DI MASA PANDEMIK? YUK!


Saya seorang ibu dari dua orang anak, dan seorang karyawati fulltime. Dengan kondisi demikian, tentu waktu untuk bisa memasak sedikit sekali. Pagi pergi, pulang malam. Bahkan jika diharuskan dinas luar kota, hingga beberapa hari menginap. Jadi, setiap hari keluarga kami mengandalkan jasa catering ataupun memesan makanan secara online.

Masa pandemik dengan pemberlakuan PPKM, membuat saya takut untuk membeli makanan di luar ataupun secara online. Akan tetapi, PPKM membuat saya berfikir untuk mulai memasak sendiri di rumah. Sekaligus mengajarkan anak gadis saya untuk bisa memasak.

Sehubungan dengan hal tersebut, saya memiliki tugas baru yaitu membuat menu harian, membuat daftar belanja, dan dan memasak sendiri! Tentunya ingin membuat variasi makanan yang mudah untuk saya. Maklumlah, baru mulai belajar memasak ya.


Mengenal Yummy App, yuk?!

Beruntunglah saya, dikenalkan dengan Yummy App. Sebuah platform mobile yang dapat digunakan pada Android maupun iPhone, yang difokuskan untuk informasi berbagai resep, tutorial, dan tips memasak yang berada di bawah naungan IDN Media.




Platform ini berdiri pada tahun 2016. Dengan mengangkat tema #MasakituGampang, Yummy selalu menghadirkan informasi mengenai berbagai resep masakan maupun format konten resep masak untuk di upload dan dibagikan para chef atau food content creator secara mudah dan hanya dengan beberapa langkah.

Nah, misi yang ingin saya lakukan dan cita-cita saat ini, bisa memasak makanan berbagai menu yang praktis.



Misi dimulai!

Saya memutuskan untuk mengunduh Yummy App pada platform Android dan melakukan registrasi. Memasuki beranda aplikasi, sudah muncul pop-up mengenai informasi menuju ke kumpulan resep sehat selama pandemik

Pada tampilan beranda, saya merasa tersanjung loh, karena meskipun saya belum bisa memasak, saya sudah di sapa dengan tulisan "Selamat pagi, Chef Novi!". Hal kecil seperti inipun sangat diperhatikan. Sehingga membuat saya lebih semangat untuk melanjutkan misi untuk memasak sendiri di masa pandemik ini.


Inilah tampilan beranda pada Yummy App.


Fitur-fitur Yummy App

1. Fitur Pencarian

Di bawah profil, ada kolom pencarian. Dimana kita bisa mencari resep masakan apa saja dan dari chef siapa saja. Setelah klik kolom pencarian, saya menemukan berbagai kategori resep, diantaranya:

  • Makanan Pembuka, 
  • Makanan Utama, 
  • Makanan Penutup,
  • Cemilan,
  • Minuman,
  • Makanan Pendamping,
  • Yummy Tips, dan 
  • Yummy Resep Dasar.

Kita bisa pilih, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.

Kemudian ada kolom berupa trending dari resep yang banyak dicari orang. Di sana pun ada Even & Promosi yang diadakan Yummy App dan akun official dari chef-chef yang telah bergabung di aplikasi tersebut.

Setelah itu, saya scroll ke bawah, disana ada kolom highlight mengenai berbagai resep masak, diantaranya:

  • Kolom Jelajah Nusantara. Kolom ini menampilkan berbagai resep masakan khas Nusantara.
  • Kolom Resep Ide Jualan, Dijamin Laku. Berbagai resep masakan yang bisa kita jadikan referensi untuk berjualan masakan maupun makanan. Selain menghasilkan karya, juga bisa menghasilkan uang. Kolom resep ide jualan ini paling banyak dicari loh.
  • Kolom Masakan Jatim, Uenak Poll. Sekumpulan resep khas Jawa Timur, banyak terdapat di sini.
  • Kolom Rekomendasi, beberapa resep pilihan yang direkomendasikan sesuai dengan rating tertinggi dari rekomendasi pembaca.

2. Fitur Tulis Resep

Fitur ini bisa kita temukan di bagian paling bawah dengan ikon 'Tulis Resep" (setelah ikon 'home').  Di sini kita bisa mengupload hasil masakan dengan kreasi sendiri.





Sebelum memulai menuliskan resep, kita pun tidak perlu khawatir dan bingung bagaimana langkah demi langkah untuk menuliskan resep, karena pada aplikasi ini sudah disematkan tombol link di bagian atas, berupa Panduan Menulis Resep, loh. Mudah deh pokoknya!

Apapun bahan yang kamu punya #BebasMasakApaSaja di Yummy App. Kita juga bisa dapatkan juga uang tambahan apabila upload resep kreasi kita. Seru, kan?!


3. Fitur Masak

Pada fitur ini, kita bisa melihat berbagai resep masakan yang disampaikan oleh Yummy, maupun dibuat para chef. Dengan menggunakan kolom pencarian ataupun scroll pada aplikasi, ketikkan bahan yang ada di rumah min. 2 bahan makanan, kita bisa dapatkan rekomendasi berbagai pilihan kreasi untuk membuat sendiri masakan dari bahan-bahan yang ada. Keren, ya?!








Pada fitur memilih bahan untuk masakan ini, saya mencoba pilih 2 bahan makanan yang ada di kulkas, yaitu telur dan cokelat. Lalu muncullah rekomendasi beberapa macam resep masakan yang menggugah selera. 

Untuk mendapatkan resep masakan yang praktis, kita bisa sesuaikan pada filter pencarian, dimana di sana terdapat berbagai pilihan. Seperti Jenis Resep, Tipe Resep, Durasi, Porsi, Budget dan Kategori.

Yang menarik pada aplikasi ini, adalah fitur memilih budget. Dimana kita bisa sesuaikan pilihan resep masakan yang sesuai dengan kantong kita. Wah, sangat menarik bukan?!





4. Fitur Notifikasi

Dalam fitur ini, kita bakal dapatkan update mengenai resep masakan yang sehat, lezat dan bergizi sebagai referensi kita untuk membuat masakan. Kita bisa berkreasi, dan keluarga pun tidak bosan dengan menu makanan di setiap harinya.



Saya siap untuk memasak bersama anak gadis. Let's go, My Girl!😉

Nah, bagaimana denganmu, sudah pernah coba aplikasi ini? 

Jika mau coba, aplikasi ini bisa diunduh di
 





Sampai jumpa di artikel saya berikutnya untuk membuat kreasi resep masakan dari Yummy App. Selamat mencoba!








31 komentar:

  1. Mbak Novi kalau mau tulis resep di Yummy, saya dicolek-colek ya .. siapa tahu bisa saya aplikasikan juga ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, siaaap! Atau yuk polouuu, biar ada notifikasi juga. IDku : noviherdiani

      Hapus
  2. makasih reviewnya mbak mau coba ah pake aplikasi ini

    BalasHapus
  3. Salah satu blessing in disguise pandemi adalah: kita bisa banget manfaatkan waktu utk mengajak anak masak bareng!
    Tapi memang sering clueless ya, mau masak apa.
    Ya udinn, untunglah ada Yummy App ini!

    BalasHapus
  4. Paling suka ama fitur memilih bahan. Tinggal ketik yg ada di lemari es...tarra...ide resep seabreg. Yummy semua...

    BalasHapus
  5. Paling favorit sama fitur budget nih saya jadi pas tanggal tua ga bingung mau masak apa

    BalasHapus
  6. Hiyaaa...chef Novi ini aplikasi emang gemesin bangeeet...dalam sehari bisa beberapa kali buka ini app. Wkwkwk...polou aku jugaaa yaak...xixixi

    BalasHapus
  7. Yummy App buatku tuh bantu banget nih. Secara yaaa emang ga pinter masak dan tidak begitu suka lama-lama di dapur heheee.. mamak macam mana coba nih diriku. :) Alhamdulillah berkat Yummy App bisa juga masak yang rada spesial dengan cara yang sangat mudah.

    BalasHapus
  8. Saya juga akhirnya menemukan solusi untuk memasak camilan harian untuk teman belajar daring anak, karena bingung juga kalau harus beli terus dengan menu yang sama. Aplikasi Yummy app ini sangat membantu ya mbak untuk berkreasi di dapur.

    BalasHapus
  9. Kayaknya aplikasi ini juga setia nangkring di ponsel ku deh, Mbak Novi...asyik banget pokoknya ya, hiburan sekaligus bikin semangat memasak lo jadinya

    BalasHapus
  10. Aplikasi imi pas banget buat saya. Padahal biasanya malas banget masak liat resep, susah bikinnya.

    BalasHapus
  11. Wah ..., Yummy sedang naik daun. Mungkin hanya saya yang belum bergabung. Insyaallah, eksekusinya dalam waktu dekat.

    BalasHapus
  12. Wah aplikasi yummy app ini membantu banget ya mbak, download juga ah biar bisa ikutan masak

    BalasHapus
  13. Ada fitur yang bisa menyesuaikan dengan budget segala yaa.. Keren sih ini, karena kadang nyari resep di internet tu bahan-bahannya mahal-mahal banget dan kadang sulit dicari.

    Aplikasi Yummy App ini penting banget sih buat ibu-ibu masa kini.

    BalasHapus
  14. Menu di Yummy apps ini lengkap banget yaa..
    Dari mulai makanan hingga minuman.
    Biasanya anak-anak suka pengen minuman seger, tinggal mencocokkan bahan yang dimiliki dan VOILAA!
    Siap dihidangkan untuk keluarga.

    Keren, Yummy apps membuat ibu semakin cerdas dan bijak dalam mengatur menu keluarga.

    BalasHapus
  15. Aku udah install nih Aplikasi Yummy, soalnya banyak fiturnya yang bantu banget menemukan menu masakan yang enak tapi ngak mahal, terus anak-anak kadang suka pilih sendiri menunya jadi ngak pusing mikirin menu, tinggal pilih aja yang bahannya mudah dan murah.

    BalasHapus
  16. saya juga sdh install yummy app. aplikasinya keren dengan fitur2 menarik. banyak koleksi resep yang enak dan praktis

    BalasHapus
  17. setuju mbak novi
    dengan menginstal aplikasi Yummy App, memasak jadi makin mudah ya mbak
    pilihan resepnya banyak, dan juga mudah diikuti langkah langkahnya

    BalasHapus
  18. Hehe langsung berasa jago masak ya, mbak dipanggil chef sama Yummy. Memang aplikasi resep masakan begini membantu banget buat ibu-ibu yang suka kehabisan ide mau masak apa di rumah

    BalasHapus
  19. Yummy App ini memang andalan banget buat ibu-ibu ya. Mengatur menu dan cari ide masakan jadi lebih gampang. Orang rumah juga senang karena masakannya jadi bervariasi hehehe.

    BalasHapus
  20. Yummy App memang luar biasa. Fiturnya banyak dan super membantu emak-emak mager masak sepertiku.

    BalasHapus
  21. Pandemi ini memang deg-degan ya kalau mau sering-sering jajan. Bukan cuma sekedar deg-deg'an tentang kehigenisannya, tapi juga tentang isi dompetnya. Sering2 jajan, bikin dompet tiris. heuheu... untung ada yummy app yang bisa buat cari ide bikin jajanan dan cemilan para bocah. toss mbak.

    BalasHapus
  22. Saya udah nyobain Yummy App juga nih, Mbak. Beneran sangat membantu urusan dapur. Terutama kalau saya sih nyari resep2 praktis. Sip pokoknya aplikasi ini

    BalasHapus
  23. Fitur yummy app memang membantu sekali. Saya pun merasakannya. Jadi solusi banget. Jadi semangat masak. Jadi pengen jualan. Bahkan ngebantu pas isoman dengan resep-resep kesehatannya.

    BalasHapus
  24. Filter pencariannya lengkap ya mba, pas banget sesuai keingunan buibu untuk masak, download ah

    BalasHapus
  25. bisa bikin dari bahan seadanya ya mbak
    enak ya
    gak ada alasan malas masak karena gak ada inspirasi, hahaha

    BalasHapus
  26. Kakak Novi...udah masak apa hari ini ? udah di upload ke Yummy juga?

    BalasHapus
  27. Asyik ya, ada aplikasi untuk masak yang bisa kita genggam setiap saat.

    BalasHapus
  28. yummy app juga jadi andalanku mak, apalagi bisa fitur pilih bahan masakan jadi praktis/

    BalasHapus
  29. Bener nih Mbak. Anak-anak kita terutama yang gadis harus dibiasakan melakukan pekerjaan rumah tangga. Karena itu ada soft skill yang sangat penting untuk kehidupannya.

    BalasHapus
  30. Masak makin mudah ya dengan adanya aplikasi Yummy, jadi ga bingung lagi menentukan menu semua sduah ada resepnya

    BalasHapus

Halaman