Perempuan Indonesia Praktikkan Manajemen Kebersihan Menstruasi Bersama Betadine Indonesia

Sambut Hari Kebersihan Menstruasi, pada tanggal 27 Mei 2021, Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia menyelenggarakan Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ yang diikuti oleh 1.000 perempuan Indonesia, termasuk saya, yang tergabung dalam Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis.


Webinar yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) ini, selaras dengan peluncuran kampanye #YangIdeal dari Mundipharma Indonesia. Yaitu, kampanye edukatif yang mengajak perempuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan.



Acara talkshow yang dipandu oleh seorang public figure, Novita Angie yang cantik dan pintar membuat suasana semakin hidup. Disusul kemudian, yang pertama mengawali talkshow ini, adalah Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid., yang mengatakan bahwa, “Menstruasi merupakan proses biologis yang normal dialami setiap perempuan. Setiap anak perempuan idealnya mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya). Pengetahuan ini sangat penting agar anak perempuan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi, serta tetap bisa beraktivitas dengan nyaman. Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan edukasi mengenai MKM, salah satunya melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang menyasar anak usia sekolah dan remaja. Kami juga mendorong masyarakat luas untuk aktif mencari informasi kesehatan yang benar termasuk mengenai MKM kepada tenaga kesehatan terdekat.”

Dan ternyata, walaupun pengetahuan mengenai MKM sangat penting bagi perempuan, data menunjukkan bahwa:

Dan ironisnya, ibu justru menjadi sumber stigma, mitos, kepercayaan dan miskonsepsi yang merugikan kesehatan perempuan. Hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mengganti pembalut setiap 4-8 jam, sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari. Dan hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah mengganti pembalut.

Kemudian, disusul oleh seorang Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH., yang menyampaikan bahwa pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina, akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan MKM :

"Apabila merasakan gejala yang tidak normal saat menstruasi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.”, paparnya.

Selanjutnya Prof. Dwiana menyampaikan, “Tidak hanya pada saat menstruasi, perawatan area vagina juga harus diperhatikan setiap hari. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan menghindari masalah seperti keputihan, gatal di area kewanitaan, bau tidak sedap, peradangan, hingga pencegahan penyakit serius seperti kanker serviks. Merawat vagina sangatlah mudah, yaitu dengan cara membasuh vagina dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar. Hindari membersihkan vagina dengan sabun mandi, melainkan gunakan pembersih kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan mendukung flora normal di area kewanitaan. Menggunakan tisu berbahan lembut untuk mengeringkan vagina. Cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina, menggunakan celana dalam berbahan katun, serta ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah. Bagi perempuan yang sudah kontak seksual dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smir atau IVA secara teratur."

Selanjutnya, Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., memaparkan, “Anak perempuan yang tak pernah melakukan pembicaraan tentang menstruasi cenderung merasa takut, malu dan bingung saat menarke. Padahal jika ibu meluangkan waktu untuk membicarakan hal ini dengan putrinya, banyak manfaat yang didapat, antara lain kesehatan reproduksi yang lebih baik serta kedekatan ibu dan anak. Tidak sedikit anak perempuan yang mencari informasi sendiri dari teman atau internet, dan mendapatkan info yang tidak tepat, padahal berharap bisa membicarakan hal ini dengan ibunya. Oleh karena itu, ibu perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang cara membicarakan menstruasi. Berikut adalah 7 tips untuk mendiskusikan menstruasi dengan anak : 

Country Manager Mundipharma Indonesia, Mada Shinta Dewi menyampaikan, “Mundipharma Indonesia terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, dalam hal ini perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya. Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. Melalui kegiatan edukasi ini, kami berharap perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin, serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi.”

Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan. Dalam hal ini BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi, bau tak sedap pada area kewanitaan maupun tidak menyebabkan iritasi di area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable. 

Disampaikan pula serangkaian produk Betadine Feminine Wash, oleh Adi Prabowo dari Mundipharma Indonesia. 

Produk ini, dapat dibeli di Shopee maupun di Tokopedia, loh.

Hari Kebersihan Menstruasi diperingati setiap tanggal 28 Mei untuk meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya MKM, serta mematahkan stigma dan norma sosial negatif terkait menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat. Peringatan ini menjadi sebuah aksi tahunan yang melibatkan pemerintah, organisasi, pihak swasta dan masyarakat luas.

So, penting sekali bagi kita sebagai ibu-ibu di zaman now untuk mengenal, memahami dan menyampaikan kepada anak tentang menstruasi dengan baik.

Terima kasih banyak!
Ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Kini saya sudah semakin paham mengenai menstruasi  😊🙏🌹


27 komentar:

  1. Acaranya bagus sekali untuk mengedukasi para perempuan, terutama ibu2 supaya nggak bingung jelasin soal menstruasi pada anak2nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak Ima. Bahkan ada beberapa yang baru saya ketahui. Seperti perlunya disampaikan informasi ini kepada anak laki-laki, juga bermacam-macam jenis produk betadine untuk feminine care-nya

      Hapus
  2. Ibulah yang memang berperan penting dalam mengedukasikan tentang menstruasi kepada anak perempuannya jangan sampai bertanya kepada temannya atau lewat internet ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak Maya. Riskan banget jika mendapatkan informasi yang salah

      Hapus
  3. webinar yang sangat bermanfaat banget buat para ibu, calon ibu, dan pemerhati masalah menstruasi. Karena pengetahuan MKM yang benar akan membuat anak percaya diri dan berani menghadapi menstruasi.

    BalasHapus
  4. Laily Fitriani7 Juni 2021 12.08

    Webinar yang sarat dengan ilmu ya Mbak? Selanjutnya tugas para Ibu untuk mengedukasi para anandanya. Semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak pelajaran yang belum saya ketahui sebelumnya, Mbak.

      Hapus
  5. Keren banget materinya. Jadi makin semangat untuk membagikan ilmu dan mengedukasi teman-teman agar lebih peduli pentingnya mengajarkan anak tentang apa itu menstruasi dan menjaga kebersihan saat menstruasi.

    BalasHapus
  6. luar biasa ya materinya 'daging' semua nih, beruntung bisa ikutan :) ternyata penting banget menerapkan kebersihan pas menstruasi khususnya :)

    BalasHapus
  7. Pembicara nya keren semua ya, jd punya gambaran buat anak perempuan kelak

    BalasHapus
  8. Dari webinar ini, saya jadi tahu tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Bersyukur sekali bisa ikutan webinar ini. Banyak ilmu yang saya dapatkan.

    BalasHapus
  9. Aku banyak banget belajar dari webinar ini kak, Sebagai calon Ibu memang aku juga banyak belajar agar nantinya mampu menjelaskan tentang hal-hal terkait kesehatan reproduksi baik untuk anak perempuan maupun anak laki-laki

    BalasHapus
  10. Tercerahkan bgt, aku senang bgt, benad2 ngikutin dari awal sampai akhir. Kuis awalnya itu loh haha

    BalasHapus
  11. Pas acara kemarin aku juga terkesan sama cara Angie bawain acara. Mungkin karena dia juga punya pengalaman dengan anak ceweknya sih ya. Jadi ngewakilin juga uneg-uneg kita para ibu tentang tema ini.

    BalasHapus
  12. Seneng sekali ya mba bisa ikut hadir di Zoominar ini, selain banyak ilmu yg didapatkan, kitapun jadi semakin tahu tentang pentingnya edukasi masalah Menstruasi.

    BalasHapus
  13. Jujur pertama kali tahu judul webinarnya hmm kaget, temanya menarik dan menantang tapi justru mengedukasi sekali, dan bahkan ada momen dimana aku berkata, oh ternyata gitu ya. Thanks for sharing

    BalasHapus
  14. Ibu memang punya peranan penting ya mba dalam memberikan edukasi tentang menstruasi

    BalasHapus
  15. Aku antusias banget sih untuk ikutan webinar ini. Karena temanya menarik dan dekat banget sama keseharian kita. Penasaran banget sama isi materi yang edukatif banget itu

    BalasHapus
  16. aku senang bisa ikut webinar ini mbak
    aku jadi tahu bagaimana cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan saat menstruasi

    BalasHapus
  17. Beruntung banget kak bisa ikut webinar tentang kesehatan menstruasi
    kira-kira acara ini bakalan ada lagi nggak sih? pengen ajak adik ku ikut webinarnya

    BalasHapus
  18. Kebetulan anakku perempuan semua, dari sini jadi tahu ternyata menstruasi pun ada manajemen kebersihan kesehatan menstruasinya juga.

    BalasHapus
  19. acara yang sangat bermanfaat dan harus turut disebarluaskan. semoga semakin banyak ibu dan perempuan yang memahami hal ini.

    BalasHapus
  20. Cukup kaget ketika fakta di jaman serba digital ini masih ada anak-anaknya perempuan yang bingung ketika menarke, itu artinya peran seorang ibu tak tergantikan ya karena sosoknya akan selalu tetap diharapkan menjadi sumber informasi pertama bagi anak-anaknya.

    BalasHapus
  21. Kereeenn, aku juga ikut acara ini dan terkagum-kagum bgmn prof Dwi menyampaikan materi secara gamblang dan mudah dipahami. semoga makin banyak ibu yg tercerahkan ya.

    BalasHapus
  22. stay safe and stay healthy ya girlsss :D

    BalasHapus
  23. Aku dari dulu pake Betadine buat kebersihan area kewanitaan.
    Pas lg menstruasi ataupun utk sehari2.

    BalasHapus
  24. Miris ya mb, malah Ibu yang jadi sumber misinformasi selama ini padahal Ibu harapan pertama anak perempuannya saat momen m

    BalasHapus

Halaman