Cara Promosi Produk Secara Efektif??? Yuk Baca!!!

Dalam dunia bisnis dan penjualan, sepertinya kurang afdhol jika kita tidak mengenal promosi. Tetapi terkadang banyak hal yang dipelajari, sehingga bingung untuk memulai kegiatan.

Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. (wikipedia)





Cara promosi produk secara efektif, antara lain:

1. Manfaatkan Media Sosial
Di era globalisasi dengan teknologi yang serba canggih ini, media sosial adalah kewajiban yang harus dimiliki para pelalu bisnis termasuk Anda, mulai dari facebook, instgram dsb nya. Terapkan cara promosi dengan mengenalkan produk yang akan dipasarkan dengan menggunakan media sosial. Dengan menggunakan media sosial, akan terasa lebih personal dalam pendekatan dengan pelanggan atau calon pelanggan Anda.

2. Ikut Serta dalam Mengadakan Event
Menyelenggarakan event dan menjadi sponsor pada satu event, merupakan salah satu peluang bagi sebuah usaha kecil menengah untuk mendapatkan pelanggan potensial. Dengan menjadi sponsor sebuah event, kesempatan produk usaha untuk dikenal masyarakat sangat besar. Tinggal bagaimana Anda merencanakan dengan matang dan menerapkan cara promosi produk yang baik dan benar.

3. Bagi-Bagi Produk
Memberikan produk secara langsung kepada pasar atau calon pelanggan potensial, bisa menjadi metode promosi untuk produk Anda. Anda bisa memberikan cuma-cuma dengan bentuk yang simpel atau sistem pembelian produk lain yang sama, dan batasan jumlah produk yang Anda bagikan agar tidak mengalami kerugian. Jangan berfikir metode semacam ini akan merugikan bisnis Anda, anggap saja metode ini sebagai investasi bagi bisnis Anda kedepannya.

4. Kumpulkan Data Pelanggan
Anda bisa menerapkan pengumpulan data pelanggan ketika mereka membeli suatu produk selama penjualan berlangsung. Dengan mendapatkan data ini, bisa Anda gunakan untuk menerapkan strategi promosi atau rencana kegiatan yang selanjutnya.

5. Berikan Intensif Bagi Pelanggan
Berikan intensif bagi setiap pelanggan setia Anda. Wujud dari intensif ini bisa berupa diskon, kupon, uang atau produk yang sedang hangat dipasarkan. Tak lupa pula berikan pelayanan terbaik dalam merekomendasikan produk kepada pelanggan. Hal inilah sebagai salah satu wujud cara promosi produk yang baik.

6. Lakukan Kegiatan Amal
Untuk menerapkan strategi promosi salah satunya adalah dengan menunjukan rasa peduli bagi setiap masyarakat dengan mengadakan kegiatan amal sekaligus bisa menjalankan promosi di dalamnya. Hal ini lebih efektif untuk mendapatkan nama baik bisnis Anda di mata masyarakat.

7. Menggunakan Barang Promosi
Untuk melaksanakan cara promosi yang baik, Anda bisa menggunakan barang promosi yang sudah ada lebel resminya. Hal inilah yang nanti akan diingat orang tentang produk yang sedang dilihat dan dibelinya sehingga mudah menarik hati masyarakat.

8. Laksanakan Survei Daya Beli Sebelum Menjual
Untuk peningkatan mutu produk dan pelayanan, sebaiknya Anda bisa melaksanakan survei kepada setiap pelanggan setelah menjual produk. Anda bisa melaksanakan langsung di tempat, lewat telepon atau email. Dengan melakukan survei inilah, yang akan memberikan kemudahan untuk penyampaian kritik, saran atau pujian tentang jenis produk yang telah digunakan.

Itulah strategi cara promosi produk yang menarik dan bisa memberikan kesuksesan bagi setiap produk yang sedang dipromosikan. Untuk menjalankan cara promosi ini, Anda harus perhatikan dan pastikan seperti logo, desain label dan brosur yang digunakan di desain, tersusun dengan baik dan benar.

Hal inilah yang nantinya akan mempengaruhi cara promosi dan strategi yang diterapkan berjalan dengan lancar dan bisa memberikan keuntungan yang besar dan menjanjikan bagi usaha  Anda.

2 komentar:

  1. Wah tipsnya mantul nih buat saya yg punya usaha. Secara saya kadang bingung gimana cara promosi yg efektif. Makasih tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Bun. Saya juga masih belajar. Semoga bermanfaat, ya Bun 🙏

      Hapus

Halaman