YUK CARI TAHU, APA ITU GOOGLE ADSENSE?




Yuk cari tahu...

AdSense, merupakan suatu jasa penawaran iklan terbesar kepada pemilik web atau publisher, di mana iklan ditampilkan pada halaman web yang relevan dengan kata kunci tertentu pada iklan tersebut. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya, diperbolehkan memasang konten yang aman dan sesuai dengan khalayak pembaca. Iklan berkualitas tinggi dalam bentuk dan materinya (mencakup teks, gambar, multimedia, dan masih banyak lagi) dan relevan dengan konten atau pemirsa, bahkan ketika dilihat di ponsel cerdas dan tablet. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem cost per click (cpc) atau biaya per klik. Dibayar sesuai dengan rate yang telah ditentukan oleh program AdSense tentunya. Dari pengalaman para blogger Indonesia, bahwa di akhir tahun, pendapatan CPC biasanya lebih tinggi dibandingkan di awal tahun baru. Hal ini karena di akhir tahun banyak orang yang memasang iklan di Google. Nilai CPC di akhir tahun dapat mencapai angka $0,5 – $0,7 per klik. 




Membaca tentang kata “dibayar”, tentu teman-teman pembaca akan tertarik untuk mengetahui bagaimana cara sederhana yang gratis, untuk memperoleh penghasilan dengan menempatkan iklan di situs web. Bagi para blogger sekaligus sebagai publisher AdSense, tentu akan memberikan sedikit pengaruh terhadap motivasi beberapa blogger untuk mengurus blog mereka. Karena berniat mengelola blog sebagai pekerjaan atau setidaknya sebagai ladang usaha kedua. Dan mendapat penghasilan AdSense yang tinggi, pundi-pundi terkumpul dan mengalir terus ke rekening secara pasif, menjadi sebuah impian.



Potensi keuntungan mengikuti program AdSense membuat banyaknya pemilik situs web mengembangkan berbagai metode untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan yang mereka tayangkan. Sebagian ada metode terbukti ilegal dan melawan kebijakan resmi program AdSense. Nah, ini jangan sampai dilakukan, ya. Baca tentang jenis konten tertentu yang tidak diizinkan pada Google AdSense.

Baiknya tidak terlalu terburu-buru dalam mengajukan permohonan ke Google AdSense. Kelengkapan syarat mutlak untuk sebuah situs atau blog sangatlah penting untuk diperhatikan. Persiapkan materi situs atau blog yang memang khusus untuk Google AdSense. Pahami. Karena jutaan pengiklan bersaing untuk mendapatkan ruang iklan. Itu berarti lebih banyak uang, lebih banyak iklan yang relevan, dan lebih banyak ruang iklan diisi. 

Berikut adalah tiga jenis situs yang harus kamu targetkan, jika kamu ingin mendapatkan penghasilan AdSense:

1. Blog

adalah situs tempat dimana penambahan konten baru, dilakukan secara rutin. Untuk beberapa blog, frekuensinya bisa setiap jam hingga bulanan. Ini tergantung pada berbagai faktor, termasuk jumlah kontributor dan jumlah waktu pemilik dan editor harus meninjau dan menerbitkan konten.

Menurut Google Display Planner , blog populer seperti Daily Dot menggunakan Google AdSense untuk memonetisasi pengunjung mereka, yang berkontribusi sekitar lima hingga sepuluh juta tayangan per bulan. Mereka menempatkan spanduk Google AdSense di berbagai bidang di seluruh situs mereka, termasuk di header, footer posting blog, dan di antara daftar posting teratas di setiap kategori.

2. Forum

adalah tempat yang dikunjungi orang untuk mendiskusikan topik tertentu. Misalnya, yang berikut adalah catforum.com, yang didedikasikan untuk para pecinta kucing di mana saja dan dimonetisasi dengan Google AdSense.

Buatlah forum aktif. Dan kamu memang harus membuat konten terlebih dahulu, juga harus membuat diskusi dan menemukan orang-orang untuk mulai terlibat dengan kamu dalam diskusi tersebut. Seiring waktu, semakin banyak orang akan datang untuk membahas sebuah topik yang hangat, dan pengunjung pada akhirnya akan mulai klik iklan yang terkait dengan topik itu. Pastikan untuk meninjau kebijakan AdSense khusus sehubungan dengan konten yang dibuat pengguna.

3. Konten maupun aplikasi online yang dapat di download. 

Seperti halnya GIF.maker.me, situs ini memiliki alat daring gratis yang memungkinkan kamu membuat GIF, yang menjadi sangat populer di jaringan media sosial. Saat membuat GIF gratis, pengunjung situs ditampilkan beberapa iklan Google AdSense di bagian atas situs dan di sidebars. 
Jika situs alat daring gratis kamu berhasil meraih peringkat # 1 untuk kata kunci target, maka kamu dapat membuat investasi dalam mengembangkan alat daring gratis sepadan dengan penghasilan AdSense Anda.


Tips untuk mempersiapkan situs atau blog dalam mencapai keberhasilan monetisasi dalam program AdSense yang dapat diterima program AdSense, diantaranya:

  1. Fokus pada satu tema atau niche yang profitable, volume lalu lintas tinggi dan konsisten mengembangkan sebuah situs atau blog yang bermanfaat bagi orang lain. Tetapi yang lebih spesifik, 
  2. Fokus pada kualitas dan bukan pada kuantitas. Memiliki banyak artikel tetapi tidak ada pengunjung yang tertarik untuk membaca, bukanlah solusi yang tepat.
  3. Membenahi SEO dengan menargetkan kata kunci yang spesifik, di setiap halamannya.
  4. Perhatikan syarat yang dianggap sah dalam program AdSense. Seperti jenis iklan, ukuran iklan, warna iklan dan penempatan iklan terbaik untuk meningkatkan penghasilan dari AdSense. 

Bagaimana cara mendaftarkan di Google Adsense? Tunggu di artikel berikutnya ya ^_*

Semoga bermanfaat.


With ❤
Novi Herdiani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman